Rabu, 18 Januari 2012

MOMENTUM SUDUT DAN ROTASI BENDA TEGAR

A.    Momen Gaya
 
           Momen gaya merupakan salah satu bentuk usaha dengan salah satu titik sebagai titik acuan. Misalnya anak yang bermain jungkat-jungkit dengan titik acuan adalah poros jungkat-jungkit. Momen gaya adalah hasil kali gaya dan jarak terpendek arah garis kerja terhadap titik tumpuh. Momen gaya sering disebut dengan momen putar atau torsi, diberi lambang τ ( dibaca : tau ).
A.    Momen Inersia Rotasi Benda Tegar
           Benda tegar adalah benda padat yang tidak berubah bentuk apabila dikenai   gaya luar.
Resultan gaya putar dirumuskan sebagai berikut.
 
Satuan dari momen gaya atau torsi ini adalah N . m yang setara dengan joule. mi Ri2disebut momen inersia atau momen kelembaman terhadap sumbu putar, yaitu penjumlahan hasil kali massa tiap partikel dalam suatu benda tegar dengan kuadrat jaraknya dari sumbu. Momen inersia dirumuskan sebagai berikut :
A.    Persamaan Lain Gerak Rotasi Benda Tegar
         Setiap benda berotasi pasti memiliki momentum sudut. Dengan cara yang hampir sama pada gerak translasi, momentum sudut benda yang berotasi akan memiliki nilai yang sebanding dengan momen inersia dan kecepatan angulernya.Dalam dinamika rotasi, jika suatu benda berotasi terhadap sumbu inersia utamanya maka momentum sudut total L sejajar dengan kecepatan anguler ω dan selalu searah dengan sumbu rotasi. Momentum sudut (L) adalah hasil kali momen kelembaman I dan kecepatan anguler ω. Momentum sudut dapat dirumuskan sebagai berikut :
A.    


 


 




1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih ...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons